PDK Dan Perjuangannya

 APA TUJUAN PDK ?

Dalam konstitusi PDK telah ditetapkan bahwa PDK bertujuan mewujudkan negara Republik Indonesia yang berdaulat, adil dan makmur. Sedangkan visi PDK adalah menghadirkan pemerintahan yang baik, dengan ciri utama kepemimpinan yang cerdas dan amanah, manajemen yang efisien dan produktif, serta program kebijakan yang membawa manfaat optimal bagi masyarakat luas.

BAGAIMANA CARA MEWUJUDKAN TUJUAN PDK ?

Dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut, PDK bersama rakyat harus berjuang bersama-sama untuk menegakkan kedaulatan rakyat secara demokratis dan beretika tinggi, serta mengembangkan kecerdasan dan kesejahteraan rakyat secara terus menerus.

APA YANG DIMAKSUD DENGAN PLATFORM PERJUANGAN PDK ?

Platform perjuangan PDK adalah dasar dan arah sebagai hakekat perjuangan PDK. Artinya segala kebijakan dan strategi PDK harus kembali pada hakekat PDK, yakni “Memasukkan rakyat ke dalam pemerintahan dan mengembalikan pemerintahan kepada rakyat”.

APA MAKNA PLATFORM PERJUANGAN PDK ?

“Memasukkan rakyat ke dalam pemerintahan dan mengembalikan pemerintahan kepada rakyat” berarti PDK memperjuangkan terbentuknya pemerintahan rakyat. Pemerintahan rakyat adalah pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Pemerintahan yang selalu menempatkan kesejahteraan rakyat sebagai tujuan dalam setiap pengambilan keputusan atau kebijakan pemerintahan.

PDK ingin tampil sebagai partai yang tidak menjadikan kekuasaan sebagai tujuan utama, tetapi lebih pada upaya untuk membangun iklim perpolitikan nasional yang sehat, produktif, dan amanah serta menjadi partai yang layak menjadi alternatif pilihan bagi penyaluran aspirasi politik rakyat di masa yang akan datang.

APAKAH SELAMA INI PDK TELAH MENJALANKAN FUNGSINYA SEBAGAI PARTAI POLITIK?

Benar, sejak terbentuk sampai dengan saat ini PDK masih tetap komitmen dan konsisten dalam menjalankan seluruh fungsi dan program partai. Di Kabupaten Kutai Timur, sejak PDK terbentuk dan memiliki 2 kursi di DPRD Kabupaten Kutai Timur dari tahun pertama saat ini PDK tetap melakukan pendidikan politik secara aktif, dan bersama dengan wakil rakyat dari PDK yang duduk di DPRD, PDK selalu menjadwalkan dan mengadakan kegiatan dengan mengunjungi masyarakat dalam rangka menyerap, menghimpun, dan menyalurkan aspirasi masyarakat di Kabupaten Kutai Timur. Dengan kata lain, PDK bukanlah partai yang hanya bekerja menjalankan fungsinya ketika masa-masa PEMILU semakin menjelang.

Demikian halnya dengan wakil rakyat dari PDK, yang dalam segala keterbatasannya tetap berupaya untuk bekerja keras turun berbaur dengan masyarakat untuk memberikan pendidikan politik serta menyerap, menghimpun dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

MENGAPA PDK TIDAK MEMBENTUK BARISAN SATGAS SEPERTI PARTAI LAINNYA?

Kita ingin membuktikan. Ini adalah partai yang satu kata dengan perbuatan. Kita juga ingin PDK membawa sebanyak mungkin kaum muda masuk ke dalam pergaulan politik dan berkompetisi untuk jabatan-jabatan publik. Kita ingin kaum muda, generasi muda, ikut menentukan masa depannya oleh mereka yang lebih tua.

Oleh karena itu, kaum muda PDK, tidak dikumpulkan dalam satu barisan laskar, atau barisan satgas yang hanya bertanggungjawab melakukan pengamanan-pengamanan terhadap pimpinan partai. PDK tidak akan membentuk pasukan-pasukan berani mati. Yang kita butuhkan adalah pasukan berani hidup, pasukan yang berani menghadapi masa depan. Dan karena itu diperlukan pengabdian yang tulus dari para pengurus dan anggota PDK. Kita tidak akan membangun fanatisme dalam partai. Bukan jempol darah yang membuktikan kesetiaan kepada PDK. Kesetiaan ditunjukkan melalui kepribadian yang konsisten, integritas yang teruji, dan komitmen yang dapat dipercaya.

BAGAIMANA KOMITMEN PDK TERHADAP PARTISPASI KAUM PEREMPUAN?

PDK adalah partai yang menjadikan perempuan sebagai warga negara yang aktif, perempuan sebagai tulang punggung bagi tegaknya bangsa dan negara ini. Mereka, untuk waktu yang cukup lama, telah terpinggirkan dalam proses-proses politik, sosial, ekonomi dan kebudayaan. Mereka harus dibawa masuk ke forum-forum politik dan langsung memainkan peranan dalam pengambilan keputusan. Perempuan harus mendapat tempat yang layak dan proporsional. Karena itu, PDK sudah mencanangkan sejak deklarasi, bahwa partai ini tidak perlu untuk menunggu Undang-undang, tidak perlu untuk menunggu rakyat dan kaum perempuan serta gerakan-gerakan perempuan yang kehabisan nafas memperjuangkan diri agar mereka terakomodasi dalam politik.

PDK telah memutuskan, dari hari pertama dia dilahirkan, bahwa perempuan harus masuk ke dalam daftar-daftar calon anggota DPR, DPRD minimal 30%, bahkan bisa lebih dari itu. Ini adalah kebijaksanaan yang historis.

MENGAPA KITA HARUS BERGABUNG DENGAN PDK?

Karena PDK menyatakan siap menerima anda dan mengajak anda untuk bersama-sama berjuang menjemput masa depan dan perubahan yang lebih baik.

APA UNTUNGNYA KITA BERGABUNG DENGAN PARTAI POLITIK ?

Sesungguhnya ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan bergabung dalam sebuah partai politik. Namun secara umum dapat dikatakan bahwa dengan bergabung dalam sebuah partai politik berarti kita berpartisipasi untuk memperjuangkan dan membela kepentingan politik anggota, masyarakat, bangsa dan negara, serta memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

APAKAH SEMUA ORANG DAPAT BERGABUNG DENGAN PDK ?

Tentu saja. Semua orang yang merupakan warga negara Indonesia dan telah berumur 17 tahun atau sudah pernah kawin selama dia sepakat dengan platform perjuangan PDK dapat bergabung dengan PDK. PDK tidak menutup diri terhadap satu etnis (suku) atau agama tertentu.

Saat ini, jajaran pengurus dan keanggotaan PDK dari tingkat kecamatan sampai kabupaten telah terdiri dari hampir semua suku yang ada di Indonesia, mulai dari kutai, sunda, jawa, bugis, makassar, lombok, bali, mandar, toraja, dayak, ambon, dan lain sebagainya, demikian halnya bahwa PDK tidak tertutup bagi orang-orang yang memiliki agama dan keyakinan berbeda.

BAGAIMANA CARA UNTUK BERGABUNG DENGAN PDK ?

Syarat untuk menjadi anggota PDK adalah sebagai berikut :

  • Warga negara Indonesia
  • Telah berusia 17 tahun atau telah kawin
  • Tidak merangkap sebagai anggota partai politik lain
  • Bersedia memenuhi kewajiban sebagai anggota

Jika anda telah memenuhi persyaratan diatas, maka segeralah menghubungi pengurus partai terdekat di lingkungan anda untuk mengisi formulir pendaftaran.

APA MOTTO PDK?

Motto PDK, yaitu :

  • Rakyat Makmur, Negara Jaya
  • Bangsa Bersatu, Negara Jaya
  • Perempuan Mandiri, Negara Jaya
  • Daerah Maju, Negara Jaya
  • Pemuda Terdidik, Negara Jaya

APA MAKNA MOTTO PDK?

Tidak ada kejayaan negara tanpa rakyat yang makmur, tanpa bangsa yang bersatu, tanpa perempuan yang mandiri, tanpa daerah yang maju, dan tanpa pemuda yang terdidik.

BAGAIMANA LAMBANG PDK ?

Lambang PDK adalah untaian rantai emas (warna kuning) yang bulat bersambung sebanyak 17 buah diatas lingkaran berwarna hijau tua. Ditengah lingkaran lambang tercetak gambar padi yang melengkung mengikuti garis bagian dalam lingkaran lambang disebelah kiri dan gambar kapas melengkung mengikuti garis bagian dalam lingkaran lambang yang ditengahnya terdapat bintang segi lima berwarna merah. Lambang PDK tercetak diatas lembaran berwarna putih.

APA ARTI LAMBANG PDK ?

Arti Lambang PDK adalah :

  • Rantai emas melambangkan persatuan Indonesia
  • Delapan belas mata rantai melambangkan tanggal 17 Agustus 1945 sebagai hari kemerdekaan Republik Indonesia
  • Warna emas pada rantai melambangkan kejayaan
  • Warna hijau melambangkan kesuburan dan kemakmuran tanah air
  • Lingkaran melambangkan usaha dan dinamika perjuangan, bagaikan roda yang terus berputar
  • Latar putih melambangkan kesucian niat dan kejujuran perjuangan
  • Padi dan Kapas melambangkan kemakmuran
  • Bintang berwarna merah melambangkan Kejayaan

APA SAJAKAH PROGRAM-PROGRAM UMUM PDK ?

Berdasarkan hasil Kongres Nasional I PDK di Makassar, maka ditetapkan program-program umum PDK secara nasional sebagai berikut :

Pertama : dalam hubungan antara pusat dan daerah, PDK menilai bahwa kebijaksanaan otonomi daerah harus diteruskan dengan menata kembali strategi pelaksanaannya yang selama beberapa tahun belakangan ini terbukti kurang efektif. Manajemen otonomi daerah di pusat dan daerah selama ini terkesan meninggalkan visi awal dan konsep dasarnya, serta masih cenderung dijalankan setengah hati.

Kedua : memperjuangkan kebijakan ekonomi, moneter dan investasi yang terpadu dengan muara yang jelas ke arah penciptaan lapangan kerja, kemudian akses ke sektor permodalan, peningkatan produktivitas dan perluasan akses ke pasar. Untuk maksud tersebut, maka sektor-sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanann dan pariwisata yang seyogyanya menjadi unggulan Indonesia, harus dipertimbangkan untuk memperoleh prioritas tertama karena alasan daya serap tenaga kerjanya yang besar. Pengembangan industri yang berkaitan dengan produksi dari sektor-sektor itupun harus digalakkan. Pemerintah perlu memberi perhatian khusus pada pembangunan infrastruktur, pembukaan akses permodalan, kemudahan izin investasi, keringanan pajak, kemudahan pemasaran untuk lima sektor prioritas itu.

Ketiga : memperluas kesempatan masyarakat untuk mengakses pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan melalui penyediaan sarana dan prasarana pendidikan serta koreksi total atas visi, konsep dasar dan manajemen pendidikan di Indonesia. Demikian halnya bahwa perlu dilakukan upaya perluasan jangkauan dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, penyadaran warga masyarakat terhadap cara hidup sehat, pencegahan kerusakan lingkungan dan polusi udara, tanah dan air serta penerapan sistem asuransi kesehatan secara nasional untuk setiap orang yang bekerja termasuk keluarganya.

Keempat : mewujudkan penegakan dan kepastian hukum dimana seluruh jajaran kekuasaan harus menjadi teladan dalam hal ketaatan pada hukum. Bersamaan dengan itu, pembenahan atas seluruh tatanan hukum nasional, penyelenggara komitmen dari seluruh jajaran aparatur penegak hukum, dan pencerahan bidang hukum kepada seluruh lapisan masyarakat harus dilakukan.

Kelima : Menciptakan keamanan dan ketertiban. Tidak dapat dipungkiri bahwa gangguan keamanan dan ketertiban telah secara sistematik menciptakan kecemasan dalam masyarakat. Keadaan ini sangat menghawatirkan karena dalam keadaan dimana stabilitas keamanan tidak terjamin, tidak ada demokrasi dan ekonomi yang bisa berjalan dengan baik. Oleh karena itu, sejalan dengan reformasi pemerintahan pemulihan ekonomi dan keuangan, pembenahan sektor pendidikan dan kesehatan serta upaya penegakan hukum, sektor keamanan dan ketertiban inipun harus menjadi perhatian utama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s